BABUJU MANDIRI Menjadi Model Lab Pengembangan IKM Berbasis Pemberdayaan -->
Cari Berita

Free Space 970 X 90px

BABUJU MANDIRI Menjadi Model Lab Pengembangan IKM Berbasis Pemberdayaan

Saturday, March 24, 2018

Kota Bima, mimbarNTB | Trend kehidupan ekonomi mempengaruhi kehidupan sosial pada umumnya. Trend ini menguatkan para IKM yang ada dalam rangka mendorong inovasi dari hasil kreatifitas atas gagasan-gagasan yang dilahirkan. Trend menjadi patokan karakter sosial masyarakat.

Kadis Perindustrian NTB Hj. Baiq Eva Nurcahya Ningsih, MM  bersama Rombongan bertandang ke IKM BABUJU MANDIRI di Kel. Santi.
Kepala Dinas Perindustrian NTB Hj. Baiq Eva Nurcahya Ningsih, MM  bersama Rombongan selepas acara Rakor Perindustrian NTB di Kota Bima menyempatkan diri untuk mengunjungi IKM BABUJU MANDIRI di Kel. Santi Kota Bima pada Jum'at (23/3) pagi.

Dalam Kunjungannya, Rombongan melihat langsung proses Sangrai Kopi Tambora dan Kopi Wawo untuk mencicipi dua citarasa kopi yang disangrai sembari berbincang-bincang terkait peluang, prospek dan pangsa pasar nasional. Kopi Tambora telah memiliki IG (Identity Geografis) yang diakui oleh Negara dan disetarakan dengan Kopi Toraja, Kopi Gayo dan Kopi lainnya yang sudah terlebih dahulu mendapatkan IG dari Pemerintah dan Asosiasi Kopi Nasional.

BABUJU MANDIRI oleh Perindustrian dianggap sebagai Model Laboratorium Pengembangan IKM Berbasis Pemberdayaan di NTB khususnya di Pulau Sumbawa Karena mampu melakukan Inisiasi kawasan berintegrasi. Mulai dari budidaya Bahan Mentah hingga Produksi menjadi produk siap edar atau siap pasar.

"Kami sepakat bahwa BABUJU MANDIRI adalah Model Pengembangan IKM dengan basis Pemberdayaan yang tepat diwilayah Pulau Sumbawa ini yang mampu mengintegrasikan pola Produksi Bahan Mentah hingga menjadi Produk Industri siap edar" Ungkap Kadis.

Lanjutnya "IKM - IKM Binaan Perindustrian harus bisa melihat ini sebagai Model Inovasi Pemberdayaan yang tepat dan harus dikembangkan dengan cepat untuk mengikuti Trend perubahan konsumen yang begitu cepat diera ini. Sehingga masyarakat kita lebih cepat beradaptasi dengan perubahan paradigma (kecenderungan) sosial ekonomi saat ini"

Pada saat yang sama, Kabid Agro Industri Dinas Perindustrian NTB, Ibu Wiwik menyerahkan Undangan Pelatihan Roasting Kopi IG Tambora kepada BABUJU MANDIRI sebagai Peserta yang akan dilaksanakan pada senin hingga Rabu (26 - 28 Maret) di Jakarta. (mimbarNTB-01)