Sambut Festival Pesona Tambora, Pemda Dompu Gelar Berbagai Kegiatan -->
Cari Berita

Free Space 970 X 90px

Sambut Festival Pesona Tambora, Pemda Dompu Gelar Berbagai Kegiatan

Wednesday, March 14, 2018

Dompu, MimbarNTB | Pemerintah Kabupaten Dompu Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) Bupati Dompu Drs. H. Bambang M. Yasin (HBY) telah menyusun berbagai agenda kegiatan dengan matang dalam menyambut Event Nasional yaitu Festival Pesona Tambora (FPT) yang akan dirangkaikan dengan hari jadi Dompu yang ke-203 tahun.

Bupati Dompu H.Bambang saat menggelar rapat dengan jajarannya dalam persiapan menyambut event pesona tambora di Pandopo. (Foto Poris)
Kegiatan tersebut merupakan Agenda rutin tahunan, seluruh Kabupaten/Kota se-Pulau Sumbawa juga akan melaksanakan beberapa agenda kegiatan dalam rangka menjual Potensi masing-masing Daerah. Adapun potensi yang akan ditampilkan yakni Budaya, Karya Seni, Pariwisata serta Ekonomi Kreatif dan potensi lainnya.

Hal tersebut diuraikan saat Rapat Koordinasi Persiapan FPT di Gedung Pandopo (12/3) yang dihadiri oleh seluruh jajaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Dompu, Sekda Dompu, PLT Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Dompu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Bima dan Kota Bima, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat, Dandim 1614/Dompu, Polres Dompu, dan Kejaksaan Negeri Dompu.

Berikut jadwal dan berbagai rangkaian kegiatan dalam event tersebut yaitu pada 1-3 April Pameran tentang Foto Pesona Tambora, 3 April Gema Budaya Religius, 4 April Pawai Budaya, 4-7 April lomba sepeda Lintas Sumbawa 320 Km Starnya di Pelabuhan Poto tano dan Finisnya di Doroncanga, 5 April lomba Sepeda hias, 6 April Ngaha Kawiri, 6-8 April Lomba Drum Band antar Pelajar, 7 April sehari makan Ikan bertempat di Gedung Pemuda, 7 April Trail Adventure di Savana Doroncanga, 8 April Mancing Mania, 8 April Fun Bike, 9 April Transplantasi Karang, 9 April cera labu, 10 April Festifal Kuliner, tanggal 10-11 Pemeran jagung, Kopi dan Gula Tambora di Savana Doroncanga, 10 April lomba sepeda Wisata di Savana Doroncanga, tanggal 10-11 Hiburan Rakyat di Savana Doroncanga, sedangkan acara puncak akan berakhir pada 11 April yang dipusatkan di Savana Doroncanga.

Sebagai tuan rumah dalam perayaan event tersebut, Bupati Dompu berencana akan mengundang Presiden RI Ir. H. Jokowi Dodo, Kabinet Kerja dan Menko Maritim.

Selain itu, pada tanggal 11 April juga akan dilakukan Ground Breaking peresmian/peletakan batu pertama pembangunan fasilitas pendukung pariwisata di taman nasional Tambora. Oleh sebab itu Bupati Dompu akan berupaya menghadirkan Menkopolhukam untuk melakukan Ground Breaking proyek tersebut. [Poris]