Abdi Pada Masyarakat, STIKES Yahya Bima Gelar Sunatan Masal -->
Cari Berita

Free Space 970 X 90px

Abdi Pada Masyarakat, STIKES Yahya Bima Gelar Sunatan Masal

Thursday, October 31, 2019

Bima, mimbarNTB.com - STIKES Yahya Bima merupakan perguruan tinggi yang memiliki dua program studi D III kebidanan dan S1 keperawatan berstatus terakreditasi B.

STIKES Yahya Bima yang terletak di Desa Talabiu tepatnya di Jln Soekarno Hatta yang berdekatan dengan kantor Pemda Bima setiap tahun selalu melakukan pengabdian pada masyarakat berupa pengobatan masal, penyuluhan kesehatan dan sunatan masal. Kegiatan tersebut merupakan bagian dari Tri Dharma perguruan tinggi. 

Hal tersebut sejalan dengan pikiran dan keinginan Pimpinan yayasan, Yahya SKM MKes yang mengatakan“bahwa perguruan tinggi tidak hanya fokus ke pendidikan saja, tapi harus sejalan dengan penelitian dan pengabdian pada masyarakat,”.

Implementasi kegiatan pengabdian pada masyarakat oleh Mahasiswa STIKES Yahya Bima dilaksanakan oleh BEM yang diketuai oleh Sudirman dibawah bimbingan para dosen serta didukung penuh oleh Institusi STIKES Yahya Bima.

Kegiatan sunatan masal itu berlangsung pada Minggu 27 Oktober 2019, bertempat di aula desa Bugis Kecamatan Sape Kabupaten Bima. 

Sekitar 30 anak berpatisipasi dalam Sunatan masal tahun ini, namun berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya dimana ada beberapa anak menggunakan sunatan modern atau yang dikenal dengan Metode Sunathrone Klamp dimana anastesi tanpa menggunakan jarum suntik dan tanpa jahitan. Metode terbaru atau disebut sunat modern ini coba diterapkan di Bima oleh Ns Yuyun SKep merupakan alumni STIKES Yahya Bima Angkatan ke III yang sudah memiliki klinik Rumah Mitra Sunat.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa tersebut disambut antusias oleh masyarakat terutama pemerintah desa setempat.

Kepala desa Bugis dalam sambutannya mengucapkan terima kasih dan apreasiasi serta rasa bangga atas nama aksi kemanusian dan pengabdian yang telah dilakukan oleh STIKES Yahya Bima. 

“Sangat berterimah kasih kepada mahasiswa dan khususnya Institusi STIKES Yahya Bima yang memilih Desa Bugis sebagai tempat dilaksanakannya sunatan masal,”.

Begitupun dari pihak kampus yang disampaikan oleh Wakil Ketua I Ns Zulkarnain SKep MKep pada saat sambutan “mengucapkan terima kasih kepada semua pihak Desa Bugis yang ikut membantu dalam suksesnya pelaksanaan kegiatan tersebut,”. 

Ketua Program Studi Keperawatan Ns Junaidin SKep, MKM juga menyampaikan harapannya kepada para praktisi kesehatan agar selalu meng-update ilmu-ilmu terbaru di bidang kesehatan sehingga dapat diaplikasikan dan diimplementasikan dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. (dinyan)