Polres Dompu Gelar Rakor Pembentukan Kampung Sehat Melibatkan Pihak Terkait -->
Cari Berita

Free Space 970 X 90px

Polres Dompu Gelar Rakor Pembentukan Kampung Sehat Melibatkan Pihak Terkait

Monday, June 15, 2020

DOMPU, MIMBARNTB.COM - Polres Dompu gelar rapat koordinasi bersama Kapolres Dompu AKBP Syarif Hidayat, SH, S.IK bersama Dandim 1614 Dompu Letkol Inf. Ali Cahyono, S.Kom, Wakapolres Dompu Kompol I Nyoman Adi Kurniawan, SH, Kepala BPBD Kabupaten Dompu, PLT Kepala Dikes Kab. Dompu, Kasat Sat Pol PP, Para Kabag, Kasat/Kasi dan Para Kapolsek Jajaran Polres Dompu.

Kaur Humas Polres Dompu, Aiptu Hujaifah dalam pres rilisnya rapat koordinasi agenda pembentukan "Kampung sehat" di Kabupaten Dompu digelar di Aula kantor Polres Dompu Kamis (11/6) pagi. 

Rakor dipimpin langsung oleh Kapolres Dompu AKBP Syarif Hidayat, SH, S.IK, dalam pemaparna dia mengatakan pembentukan Kampung Sehat perlu adanya sosialisasi salah satunya membuat Poster/Spanduk dan Penerangan Keliling. Serta perlunya ada Peraturan Desa (Perdes) tentang Protokol kesehatan pada saat Pandemi Corona salah satu contohnya pelaksanaan resepsi pernikahan, takjiah kematian.

"Membuat portal Posko Pengendalian Covid 19. Adanya data masyarakat PDP, PDP, Menyiapkan Ruang isolasi penanganan Pasien di Desa, Pendidikan Non Formal dgn memanfaatkan guru-guru yg ada di Desa," ungkap Kaur Humas Polres Dompu, Aiptu Hujaifah.

Sementara Dandim 1614 Dompu  mengatakan, bahwa kegiatan kampung sehat ini merupakan program dari pemerintah daerah menuju Dompu yang sehat guna terhindar dari covid 19.

"Dengan adanya pembentukan kampung sehat di setiap Desa/Kelurahan di Kab. Dompu akan memberikan kebiasaan hidup sehat bagi masyarakat dan sejalan dengan program dari pemerintah daerah yakni New Normal," jelas Dandim Dompu disampaikan oleh Kaur Humas Polres Dompu, Aiptu Hujaifah.

Dia menambahkan, dengan adanya jadwal pembehentian aktivitas sekolah banyaknya halaman-halaman sekolah tidak terawat kebersihanya.  

Kepala BPBD Dompu juga mengatakan, sebenarnya apa yang menjadi program kampung sehat sebenarnya sudah kami laksanakan. Menyiapkan penyemprotan disetiap Desa/Kelurahan serta alat pendeteksi suhu tubuh dan hansanitizer.

Dia menghimbau kepada setiap sekolah untuk memathui protokol kesehatan dalam  kegiatan belajar menagajar. Serta segera menentukan tim kerja untuk memberikan penilaian dalam seleksi kampung sehat dan Para Kapolsek diharapkan untuk mendeskripsikan keadaan dilapangan dalam hal penanganan Covid 19.

Sementara PLT Kadikes Dompu mengatakan, telah menyiapkan ceklis para pasien2 covid 19 termasuk data-data perjalanan pasien yang keluar kota serta telah menyiapkan Posyandu di tiap-tiap desa dengan menerapkan Protap2 kesehatan covid 19.

Rakor berakhir pukul 11.00 wita kemudian dilanjutkan dengan sesi foto bersama.

(mb01)