Majukan Pendidikan Non Formal, Forum PKBM Bima Gandeng Media & LSM -->
Cari Berita

Free Space 970 X 90px

Majukan Pendidikan Non Formal, Forum PKBM Bima Gandeng Media & LSM

Wednesday, July 29, 2020

BIMA, MIMBARNTB.COM -- Forum PKBM Kabupaten Bima, Rabu (29/7) pagi mengundang sejumlah pimpinan Media dan LSM, pertemuan berlangsung di Taman Kalaki Desa Panda. Point penting dalam pertemuan ini yaitu dalam rangka menyatukan perspektif dan menjalin kerjasama antara Media, LSM dan Forum PKBM didalam memajukan pendidikan non formal. 

Ketua Forum PKBM Kabupaten Bima Salahudin S.Sos mengatakan, keikutsertaan media dan LSM sangat penting sebagai pengawas non pemerintahan dalam mendorong dan menyukseskan pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM) di Kabupaten Bima. 

Hasil pertemuan tersebut, pimpinan Media, LSM dan forum PKBM sepakat untuk bahu membahu memajukan pendidikan non formal sesuai koridor hukum yang berlaku. Dimana kedudukan Media dan LSM di PKBM sebagai pengawas non pemerintahan. Contoh, peran media mempublikasikan kegiatan PKMB serta memberi edukasi kepada masyarakat tentang kegiatan yang telah, sedang dan akan dilakukan oleh PKBM. 

Hal itu sepadan dengan tiga tujuan penting pengembangan PKBM dalam memberdayakan masyarakat agar mampu mandiri (berdaya) meningkatkan kualitas hidup masyarakat baik dari segi sosial maupun ekonomi, meningkatkan kepekaan terhadap masalah-masalah yang terjadi dilingkungannya sehingga mampu memecahkan permasalahan tersebut.

Ketua LSM Kipang Budiman sangat mengapresiasi dan sepakat atas langkah dan upaya forum PKBM. Baginya, hal ini sangat positif untuk pendidikan non formal didalam mencerdaskan kehidupan bangsa. 

(mb01)