Warga Keluhkan Bau Tak Sedap dari Sampah di Jalan Lintas Wawo -->
Cari Berita

Free Space 970 X 90px

Warga Keluhkan Bau Tak Sedap dari Sampah di Jalan Lintas Wawo

Saturday, July 10, 2021

Tumpukan sampah yang berserakan dan terus mengeluarkan bau tak sedap di sekitar Jalan Lintas Desa Ria Mau Kecamatan Wawo, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat. Dok: Mimbar NTB / dinyan. 

BIMAMIMBARNTB.COM -- Ismail Yusuf asal Desa Ntori Kecamatan Wawo mengeluhkan tumpukan sampah yang berserakan dan terus mengeluarkan bau tak sedap di sekitar Jalan Lintas Desa Ria Mau Kecamatan Wawo, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat. 


Menurut Ismail Yusuf, tumpukan sampah yang berserakan itu sudah sejak lama karena kurangnya kesadaran masyarakat akan kebersihan lingkungan. Akibatnya timbul bau tak sedap yang sangat meresahkan pengendara yang lewat di jalan itu.

"Dari dulu masyarakat Wawo membuang sampah sembarangan karena pemerintah belum menentukan tempat pembuangan sampah yang resmi," ungkap Ismail Yusuf pada media, Sabtu (10/7/2021).
Ismail Yusuf asal Desa Ntori Kecamatan Wawo.


Selain itu Menurut Ismail Yusuf, tidak adanya tempat pembuangan sampah yang disediakan oleh pemerintah sehingga masyarakat bebas membuang sampah sembarang di fasilitas umum. 

"Maksudnya masyarakat membuang sampah sembarangan karena tidak ada TPA," kata pria Gondrong yang setiap hari melewati jalan itu. 

Dijelaskannya, tumpukan sampah berserakan mulai dari jalan lintas perbatasan Kota Bima dan Kecamatan Wawo.

"Jalan menuju Desa Ria Mau, bahkan pintu gerbang pertama masuk Wawo penuh dengan sampah, karena pemerintah belum bisa menyiapkan tempat pembuangan sampah," jelasnya. 

Ismail Yusuf mendesak pemerintah terkait agar segera menyediakan tempat sampah. Serta mengimbau kepada masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuat sampah secara sembarangan. 

Ditambahkannya, permasalahan sampah di Kabupaten Bima sepertinya belum ada solusi serius dari pemerintah. 

(***)