Cegah Dini DBD, PKM Parado Menghimbau Terapkan 3M -->
Cari Berita

Free Space 970 X 90px

Cegah Dini DBD, PKM Parado Menghimbau Terapkan 3M

Wednesday, February 1, 2023

Ilustrasi. 

Kepala Pusat Kesehatan Masyarakat (PKM) Parado, Kaltum mengatakan sementara ini pasien Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kecamatan Parado Kabupaten Bima hanya tiga orang pasien. Dua orang dinyatakan telah sembuh, satu lainnya masih dalam perawatan. 


Dalam rangka mencegah dini jatuhnya korban baru demam Berdarah dengue, Kaltum menggandeng stakeholder di Kecamatan Parado untuk melakukan penyuluhan dengan memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang cara agar terhindar dari penyakit DBD. 

"Kami bersama para Kepala Desa melakukan penyuluhan termasuk menyemprotkan dan membersihkan sarang nyamuk," ungkap Kaltum kepada mimbar NTB, Rabu (1/2/2023). 

Tidak hanya itu, PKM Parado juga telah membagikan obat seperti ABATE obat pembasmi jentik.

Demam Berdarah Dengue (DBD) merupakan penyakit yang harus diwaspadai karena dapat menyebabkan kematian. Pencegahan DBD adalah dengan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN). 

Untuk itu, Kaltum menghimbau kepada masyarakat untuk menerapkan 3M yaitu Menguras tempat-tempat penampungan air, Menutup rapat semua tempat penampungan air, dan Memanfaatkan kembali limbah barang bekas yang bernilai ekonomis (daur ulang). 

(red)