Pemkota Bima Ikuti Asistensi Pelayanan Publik dan Tatalaksana Pemerintah -->
Cari Berita

Free Space 970 X 90px

Pemkota Bima Ikuti Asistensi Pelayanan Publik dan Tatalaksana Pemerintah

Wednesday, March 15, 2023

Pemkota Bima Ikuti Asistensi Pelayanan Publik dan Tatalaksana Pemerintah. 

Standar Pelayanan merupakan tolak ukur yang dipergunakan sebagai pedoman penyelenggaraan pelayanan dan acuan penilaian kualitas pelayanan sebagai kewajiban dan janji penyelenggara kepada masyarakat dalam rangka pelayanan yang berkualitas, cepat, mudah, terjangkau, dan terukur. Perkembangan teknologi informasi dimanfaatkan sebagai sarana pendukung pelayanan publik guna mewujudkan kinerja pemerintah yang optimal.


Untuk mewujudkan pelayanan publik prima dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik, setiap OPD harus mengetahui dan memiliki Standar Layanan Publik sebagai dasar pelayanan publik. Penyusunan Standar Pelayanan Publik sangat penting dalam mewujudkan pelayanan publik yang prima dalam memberikan layanan publik kepada masyarakat.

Oleh sebab itu, Pemerintah Kota Bima mengikuti Asistensi Pelayanan Publik dan Tatalaksana Pemerintah pada Pemerintah Kab/Kota yang diselenggarakan oleh Biro Organisasi Provinsi NTB, Selasa (15/3/2023).

Kegiatan tersebut di Aula Kantor Wali Kota Bima tersebut turut dihadiri oleh Kepala DPMPTSP, Kadis sosial, Direktur RSUD Bima, Kabag Organisasi serta Camat.

Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik Drs. Alwi Yasin menyampaikan bahwa kegiatan tersebut merupakan cara pemerintah untuk melayani masyarakat sehingga pelayanan publik adalah faktor yang harus teraktualiasi.

“Sebagai birokrasi kita harus asah kompetensi dan menguasai struktur di pemerintahan sehingga benar-benar bermanfaat bagi kepuasan masyarakat kita khususnya di kota bima," ucapnya.

Selain itu Kepala Bagian Tatalaksana Biro Organisasi Ahlul Wakil, ST., MT dalam laporannya menyampaikan bahwa Pemerintah Kota Bima dalam capaian reformasi birokrasi dalam sudah mencapai kategori cukup. Asistensi ini dimaksudkan untuk lebih mengefektifkan pemberian informasi  yang seyogyanya memang lebih banyak diterapkan oleh Pemerintah guna kepentingan masyarakat.

“Kami sangat mengapresiasi kepada Pemerintah Kota Bima karena telah menfasilitasi kegiatan ini, sehingga apa yang kita laksanakan ini bisa dirasakan langsung oleh masyarakat," jelasnya.

Ia berharap bahwa birokrasi yang ada di Pemerintah Kota Bima tersebut melahirkan birokrasi yang gesit dan lincah untuk kepuasan pelayanan terhadap masyrakat sehingga terciptanya generasi yang energik, menurunkan angka kemiskinan serta menciptakan lapangan pekerjaan terhadap masyarakat.

(red)