Bantuan di Bidang Perikanan Tangkap DKP Kab. Bima Sebagian Telah Dibagikan -->
Cari Berita

Free Space 970 X 90px

Bantuan di Bidang Perikanan Tangkap DKP Kab. Bima Sebagian Telah Dibagikan

Wednesday, November 1, 2023

Bima. - Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Bima tahun 2023 mengadakan 20 unit kapal viber yang menelan anggaran sebesar Rp 3,3 Milyar.

Kabid Perikanan Tangkap Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bima, Firdaus. 

Tak hanya itu, DKP juga melakukan pengadaan mesin perahu sebanyak 80 unit dan alat tangkap seperti pukat, waring bagang yang menelan anggaran sebesar Rp 100 juta lebih untuk para nelayan di 3 kecamatan pesisir. 

"Ada 3 Paket kapal, 20 unit
Paket mesin perahu, 80 unit Paket alat tangkap, seperti pukat, waring bagang anggaran Rp 100 juta lebih melayani 3 kecamatan pesisir," ungkap Kabid Perikanan Tangkap Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bima, Firdaus pada awak media, Kamis (2/11/2023). 

Selain kapal viber, kata Firdaus sebagiannya telah disalurkan ke para nelayan di kecamatan pesisir di Kabupaten Bima sejak bulan Juni 2023 lalu. 

"Prinsip penyaluran proporsional berdasarkan jumlah banyaknya neyalan di kecamatan pesisir," jelasnya. 

"3,3 Milyar anggaran pengadaan kapal viber, mudah-mudahan selesai sebelum berakhir masa kontrak tanggal 6 Desember 2023," tambahnya. 

Sisanya yang belum dibagikan, katanya akan disalurkan secara simbolik sebelum bulan Desember 2023 oleh Bupati Bima, Hj Indah Damayanti Putri.

Berdasarkan target, 20 unit kapal viber nanti akan dibagikan ke 20 kelompok dengan masing-masing kelompok akan mendapatkan 1 unit per kelompok. 

"Harapannya untuk meningkatkan produksi bagi para nelayan di pesisir," ungkap Firdaus. 

(**).