Dikes Kota Bima Memperingati Hari Kesehatan Nasional ke-59 dengan Tema "Transformasi Kesehatan untuk Indonesia Maju" -->
Cari Berita

Free Space 970 X 90px

Dikes Kota Bima Memperingati Hari Kesehatan Nasional ke-59 dengan Tema "Transformasi Kesehatan untuk Indonesia Maju"

Sunday, November 12, 2023

Kota Bima, mimbar NTB -- Pemerintah Kota Bima melalui Dinas Kesehatan memperingati Hari Kesehatan Nasional ke-59 di Lapangan kantor setempat, Minggu (12/11/2023).

Ist. 

Tema yang diangkat yaitu "Transformasi Kesehatan untuk Indonesia Maju".

Upacara tersebut berjalan khidmat dan diikuti oleh seluruh insan kesehatan serta organisasi profesi yang ada di Kota Bima.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bima H. Ahmad, S.Sos yang memimpin ucapa ini, menyampaikan bahwa tugas prioritas dalam penanganan COVID-19 telah berhasil membawa Indonesia keluar dari masalah tersebut.

Saat ini pemerintah juga terus melakukan upaya penanganan masalah kesehatan lainnya yang merupakan program prioritas nasional, seperti penurunan Angka Kematian lbu (AKl) dan Angka Kematian Bayi (AKB), menurunkan angka stunting pada balita serta meningkatkan kemandirian penggunaan produk farmasi dan alat kesehatan dalam negeri.

"Pengalaman saat penanganan Pandemi menjadi pelajaran baik dalam menjalin kerjasama dan keterlibatan semua sector dalam percepatan pencapaian upaya kesehatan," jelasnya.

Saat ini juga menjadi momentum bagi pemerintah untuk terus berbenah, melakukan transformasi pada sistem kesehatan di tanah air.

Ia melanjutkan bahwa Kemenkes saat ini sedang melakukan transformasi sistem kesehatan yang berfokus pada 6 pilar.

"Hal tersebut tentu untuk mewujudkan masyarakat yang sehat, mandiri, produktif, dan berkeadilan, sekaligus sebagai bentuk kesiapan pemerintah dalam menghadapi masalah kesehatan di masa yang akan datang," tuturnya.

Terakhir H. Ahmad menjelaskan 6 pilar transformasi kesehatan diantaranya; Transformasi Layanan Primer, Transfomasi Layanan Rujukan, Transformasi Sistem Ketahanan Kesehatan, Transformasi Sistem Pembiayaan Kesehatan, Transformasi SDM Kesehatan, dan Transformasi Teknologi Kesehatan.

(**).