Sekda Buka Event Pacuan Kuda Piala Wali Kota Bima Cup 2024 -->
Cari Berita

Free Space 970 X 90px

Sekda Buka Event Pacuan Kuda Piala Wali Kota Bima Cup 2024

Saturday, June 22, 2024

Ilustrasi

Kota Bima, mimbar NTB.-Sekda Kota Bima, H Muhktar Landa membuka secara resmi event pacuan kuda tradisional Piala Wali Kota Bima Cup, di Kelurahan Sambinae, Kecamatan Mpunda, Kota Bima, Sabtu (22/6/2024). 


Dalam sambutannya, H Mukhtar sampaikan apresiasi dan penghargaannya pada semua pihak yang terlibat aktif dalam kegiatan ini.

"Kepada Kadis Dikpora, Kadis Pertanian dan Peternakan, Ketua Pordasi Kota Bima, serta seluruh panitia pacuan kuda tradisional yang telah bekerja dengan sungguh-sungguh, saya sampaikan ucapan terima kasih yang tak terhingga atas terselenggaranya kegiatan ini," katanya. 

Sekda mengatakan, Pacuan kuda tradisional yang digelar ini bukan hanya sekedar ajang perlombaan, namun juga sebagai upaya untuk mempromosikan dan melestarikan kekayaan budaya lokal. 

"Kita bangga bisa menyelenggarakan kegiatan ini setiap tahun, untuk mengingatkan kita akan pentingnya menjaga warisan budaya leluhur kita," sambungnya.

Dia juga mengatakan bahwa penyelenggaraan pacuan kuda tradisional Wali Kota Cup yang dimulai pada Sabtu, 22 Juni sampai 30 Juni 2024 ini diharapkan dapat mengangkat citra dan potensi pariwisata daerah, dengan menampilkan kuda-kuda terbaik dari berbagai daerah se pulau Sumbawa yang berjumlah 725 ekor kuda, dengan berbagai ukuran yang terbagi dalam 15 kelas, sesuai dengan umur dan ukurannya. 

Pada kesempatan itu, H Mukhtar menyampaikan bahwa Pemkot Bima telah mengalokasikan dana hibah sebesar 500 juta yang bersumber dari APBD Kota Bima tahun 2024 dengan harapan agar event yang digelar sekali setahun itu berjalan suskes di Kota Bima.

"Kalau pacuan kudanya diselenggarakan di arena pacuan kuda Kelurahan Sambinae, maka yang beruntung secara ekonomi, adalah keluarga kita, warga Kota Bima, khususnya warga Kelurahan Sambinae dan warga sekitarnya," ujarnya.

H Mukhtar juga menyampaikan pesan dan harapan Pj Wali Kota Bima H Mohammad Rum kepada semua pihak agar menjaga keamanan dan ketertiban, supaya penyelenggaraan berjalan lancar dan sukses sesuai harapan. 

"Mari kita jaga bersama-sama keamanan dan ketertiban demi kelancaran pelaksanaan pacuan kuda ini, dan kita tidak boleh mengharapakan keamanan dan ketertiban ini dari team keamanan saja, akan tetapi mari secara pribadi kita saling menjaga keamanan kegiatan ini, dan mudah-mudahan sampai akhir pelaksanaan kegiatan pacuan kuda piala Wali Kota Bima tahun 2024 ini bisa berjalan dengan lancar, aman dan tertib," harapnya.

Dengan demikian, pacuan kuda tradisional Piala Wali Kota Bima tahun 2024 telah resmi dibuka, menandai awal dari sebuah perayaan olahraga dan budaya, dengan harapan kegiatan pacuan kuda piala Wali Kota Bima tahun 2024 ini berdampak positif pada pertumbuhan ekonomi masyarakat, serta memberikan perubahan dan kemajuan pada destinasi wisata Kota Bima.

(**).