Tarian Cakalele Asal Alor Mewarnai Pembukaan POH XV HIPMI NTT Mataram -->
Cari Berita

Free Space 970 X 90px

Tarian Cakalele Asal Alor Mewarnai Pembukaan POH XV HIPMI NTT Mataram

Monday, March 19, 2018

Tarian Alur NTT
Mataram, mimbarNTB | Pekan olahraga himpunan (POH) yang ke XV 2018 yang diselenggarakan oleh Himpunan Pelajar dan Mahasiswa Islam (HIPMI) NTT Mataram masa pepengurusan 2017/2018 diwarnai dengan konsep pembukaan yang berbeda dengan tahun sebelumnya. Untuk tahun ini ditampilkan salah satu tarian adat asal NTT dari salah Kabupaten. Kali ini, tarian adat asal Kabupaten Alor dengan Tarian khasnya, Tarian Cakalele.

Baca juga : Pembukaan PHO ke- XV HIPMI NTTMataram di Lapangan Atletit Lawat

"Tahun ini, Kami menggunakan konsep yang berbeda dalam Pembukaan Kegiatan POH yang ke XV. Kali ini kami akan menampilkan tarian asal Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur (NTT)", ujar Kraeng Hamid Ketum HIPMI NTT Mataram.

"Bukan hanya tarian Cakalele saja, akan tetapi Kami juga sudah konsepkan ada tarian Caci asal Manggarai, NTT. Cuman belum bisa terwujud, karena peralatan Caci belum mendapatkan izin dari Keluarga Besar organisasi tersebut. Maklum, diorganisasi belum Kami punya", terang Kraeng Hamid.

Tambah Kraeng Hamid, semoga acara berikutnya Tarian Caci bisa kami tampilkan. Tujuan diadakan konsep menampilkan tarian itu hanya semata-mata mengajak seluruh generasi Muda agar sekirannya Adat istiadat leluhur harus di jaga dan terus di lestarikan. Apalagi tarian-tarian ini sudah ada turun temurun. Sebagai generasi tentu harus bisa lestarikan ini. Jangan sampai ditelan oleh zaman now. Besar harapan Kami warga NTT yang di Mataram agar sekirannya Pemda NTT bisa mefasilitasi alat tarian yang Kami butuhkan. Nanti Kita bicarakan dengan pihak Pemda.

Diakhir komentar Kraeng Hamid, mengucapkan terima kasih banyak  kepada Ketua Panitia POH XV, Aburizal Bakri yang sudah bekerja keras mensukseskan acara Pembukaan POH ini serta Pengurus Kepanitian lainnya. Semoga agenda ini sukses sampai akhir.

Ujar Kraeng Hamid lagi, target akhir kegiatan ini, saat pembagian Piala juara nanti, dimalam hari Kita konsepkan festival budaya NTT dengan menampilkan tarian adat masing-masing Kabupaten asal NTT serta Team Tamu Undangan asal Papua Kita buka ruang agar mereka bisa tampilkan tarian adatnya. Besar harapan Kami Pemda NTT bisa hadir pada acara penutupan.

"Kepada Dispora NTB, Forum Pembina Sekolah Sepak Bola Indonesia (FOPSSI), SSB Neo Selaparang, Mas Dar Sport Dasan Agung, B serta Bank BRI. Kami ucapkan terima kasih atas dukungannya", tegas Kraeng

Lanjut Kraeng, terima kasih juga buat organisasi maupun perseorangan  yang sudah memberikan dukungan lewat ucapan Media bahkan ada yang meminta mencetak spanduk untuk dipasang pada lokasi kegiatan. Ini sebuah dukungan yang luar biasa.

Diakhir Pembukaan acara POH ke- XV secara simbolis, Kabid Olahraga DISPORA NTB, Drs. Anang Zulkarnain menendang bola yang dikiperi oleh PS. IKAMMAT asal Paguyuban Manggarai Timur Mataram sebagai Juara Umum tahun lalu dengan didampingi oleh Bapak Simon sebagai perwakilan orang tua, Kraeng Hamid Ketua Umum HIPMI NTT Mataram, serta Babinkamtibmas dan juga wasit.