Bupati Bima: Mari Kita Taat Membayar Pajak -->
Cari Berita

Free Space 970 X 90px

Bupati Bima: Mari Kita Taat Membayar Pajak

Friday, May 24, 2019

Bima, mimbarNTB.com - Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri SE, mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu upaya kita untuk membayar dan taat akan pajak. Karena, keberadaan pajak ini merupakan hal yang sangat penting bagi Negara Indonesia.

"Pajak memberikan kontribusi besar bagi keberlangsungan kehidupan di negara ini dan pajak menjadi sumber penerimaan dan pendapatan negara terbesar. Untuk itu, mari kita semua taat membayar pajak,"demikian dikatakan oleh Bupati pada saat menghadiri  Samsat Goes To School pada Kamis ( 11/4).

Dijelasknya, penerimaan pajak inilah yang digunakan untuk meningkatkan pembangunan Indonesia mulai dari pembangunan infrastruktur, pendidikan, kesehatan dan berbagai sektor lainnya. Tujuannya, untuk kesejahteraan dan kemakmuran rakyat Indonesia,"jelasnya.

Dikatakannya, peran pajak dalam meningkatkan pembangunan di berbagai sektor kehidupan tentu tidak dapat dipungkiri, namun tidak banyak rakyat yang menyadari hal tersebut. Hal ini, dikarenakan manfaat pembayaran pajak tidak langsung diterima, bahwa saat ini hampir seluruh rakyat Indonesia telah memperoleh manfaat pajak,"tuturnya.

"Pelayanan kesehatan gratis, pendidikan gratis dan berkualitas, akses transportasi dan mobilitas yang mudah melalui pembangunan infrastruktur jalan yang mendorong perekonomian adalah sekumpulan manfaat pajak,"terangnya.

Untuk itu, sangat penting untuk meningkatkan kesadaran pajak bagi warga masyarakat sehingga kita membayar pajak ini merupakan wujud kecintaan kepada tanah air,"harapnya.

Masih kata dia, sejalan dengan tujuan meningkatkan kesadaran pajak, maka keberadaan generasi muda yang akrab disapa generasi milineal menjadi sangat penting untuk mendukung tujuan tersebut. Generasi milenial adalah generasi yang lahir pada tahun 1980 – 2000, dimana usianya saat ini mencapai 17-37 tahun yang merupakan usia produktif. 

Sebagaimana data menunjukkan bahwa pada tahun 2045 Indonesia mengalami bonus demografi yaitu penduduk usia produktif mencapai angka mayoritas di Indonesia. Bonus demografi yang dipenuhi oleh generasi milenial ini harus dioptimalkan untuk mendukung budaya sadar pajak yang diharapkan dapat menciptakan wajib pajak yang patuh pajak. 

Salah satu ciri generasi milenial selain aktif dan kreatif adalah generasi yang melek teknologi, artinya generasi ini sangat akrab dan mudah mengikuti perkembangan teknologi. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa diera globalisasi teknologi berkembang pesat. Untuk itu, upaya untuk menciptakan kesadaran pajak pada generasi milenial dapat dilakukan dengan memanfaatkan teknologi.

"Saya berharap, melalui pekan panutan pajak, sosialisasi terkait dengan pajak kendaraan bermotor kedepanya para siswa dan siswi dan masyarakat akan mengetahui sepenuhnya akan arti penting kita membayar pajak terutama membayar pajak bagi kendaraan bermotor maupun kendaraan roda empat,"pungkasnya.

Kegitan tersebut, Kabag Lingkup Setda Bima, Kapolres Bima beserta jajaran Satlantas Polres Kabupaten Bima, pimpinan PT. Bank Syariah Cabang Bima, Pimpinan PT. Jasa Raharja Cabang Bima, Komandan Sub Denpom IX/ 2 – 2 Bima, Kepala Detasemen A Brimob Wilayah NTB, Camat Woha, Belo, Palibelo, Monta, Kapolsek Woha, Belo, Palibelo, Monta, para Kepala Desa beserta ketua BPD se – Kecamatan Palibelo, Belo, Woha, Monta, Kepala Sekolah SMA Sederajat di wilayah kecamatan setempat. (mb01)