Pemkot Bima Dibawa Kendali HM Lutfi Kembali Terima Penghargaan Pembangunan Terbaik di NTB -->
Cari Berita

Free Space 970 X 90px

Pemkot Bima Dibawa Kendali HM Lutfi Kembali Terima Penghargaan Pembangunan Terbaik di NTB

Friday, April 1, 2022

Foto ini adalah sebagai bukti sejarah bahwa Kota Bima secara terus menerus menerima penghargaan dari berbagai pihak sejak mulai dikendalikan oleh Walikota Bima H. Muhammad Lutfi. 

BIMAMIMBARNTB.COM -Pemerintah Kota Bima menerima penghargaan Kota Terbaik Pembangunan Daerah Tahun 2021 dari Pemerintah Provinsi NTB.


Penerimaan Penghargaan itu berlangsung Kamis 31 Maret 2022 di hotel Lombok raya saat Musrenbang Propinsi NTB.


Dalam acara Prosesi Penghargaan pembangunan terbaik 2021 tersebut langsung di terima oleh Sekda Kota Bima.


Sekda Kota Bima Drs. H. Mukhtar Landa, MH kepada media online menyatakan, bahwa Kota Bima di beri penghargaan pembangunan terbaik 2021 karena ada penilaian tim Provinsi NTB soal Pembangunan di seluruh Wilayah NTB.


“Alhamdulillah Kota Bima di beri penghargaan Pembangunan Terbaik se Provinsi NTB, dan saya mewakili Pemkot Bima yang menerima penghargaan dari Gubernur NTB tersebut," ucap Sekda.


Sekda menyampaikan pula bahwa pihak Provinsi NTB memberikan penilaian terbaik dengan adanya kriteria dalam penilaian akselarasi pembangunan dan manajemen yang baik dari Walikota Bima H. ​​Muhammad Lutfi, SE (HML).


“Ini semua berkat arahan strategi komando yang dilakukan oleh Pak Walikota Bima selama ini sehingga Kota Bima menjadi Terbaik Se NTB soal pembangunan,” demikian ujar Sekda.


Penghargaan ini diberikan karena penyelenggara Kota Bima yang dinilai unggul sebagai daerah yang memiliki perencanaan daerah yang baik.


Penghargaan diperoleh berdasarkan empat indikator yakni indikator pertama Capaian kinerja pembangunan ekonomi makro berupa pertumbuhan ekonomi, tingkat kemiskinan, angka penyakit, koefisien gini, IPM, usia harapan hidup dan indeks pelayanan publik.


Indikator kedua, Kota Bima dinilai tepat waktu dalam proses penyusunan dokumen perencanaan pembangunan daerah. Indikator ketiga yakni kedalaman dan substansi dari RKPD berupa (1) keterkaitan program prioritas nasional, dan daerah; (2) keterkaitan program kegiatan dalam rangka mencapai indikator kinerja utama dan kinerja daerah; (3) kesesuaian antara program dan kegiatan dengan tema RKPD yang diusung.


Hadir dalam Acara Musrenbang Provinsi NTB tersebut Gubernur NTB DR. Zulkieflimansyah, M.Sc dan Wakil Gubernur NTB Hj. Sitti Rohmi Djalillah, M.Pd serta seluruh Perwakilan Pemkot dan Pemkab se Provinsi Nusa Tenggara Barat.


Acara tersebut di kemas dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Provinsi NTB untuk penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) NTB tahun 2023 digelar di Mataram, Kamis (31/3/2022).


Gubernur NTB Dr. Zulkieflimansyah, M.Si meminta kepada para bupati, wali kota, dan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) serta seluruh jajarannya untuk meningkatkan sinergitas.


Bang Zul sapaan akrab Gubernur NTB mengajak para bupati dan wali kota se NTB untuk saling memperkuat sinergi serta menyelaraskan berbagai dinamika pembangunan di setiap kabupaten kota kita dengan pembangunan di tingkat provinsi dan nasional berjalan dengan baik sesuai dengan perencanaan.


Bang Zul yang didampingi Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah serta isterinya Hj. Niken Saptarini Widyawati. juga meminta agar Indikator kinerja yang belum tercapai sekitar 27 persen harus jadi target bersama.


“Ini semua adalah demi percepatan penuntasannya pada tahun 2023 yang akan datang tentu untuk masyarakat NTB,” ungkap Bang Zul.


(MB/01)