Polres & Dinas Kesehatan Sumbawa Barat Lakukan Sidak ke Apotik  -->
Cari Berita

Free Space 970 X 90px

Polres & Dinas Kesehatan Sumbawa Barat Lakukan Sidak ke Apotik 

Sunday, October 23, 2022

Tim gabungan dari Polres Polres Sumbawa Barat & Dinas Kesehatan Sumbawa Barat Lakukan Sidak ke Apotik. 

SUMBAWA BARATMIMBARNTB.COM -- Polres Sumbawa Barat bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Sumbawa Barat pada Sabtu, 22 Oktober 2022 sekira pukul 10.00 wita melakukan sidak di sejumlah apotik Kecamatan Taliwang KSB pasca adanya kasus gagal ginjal akut pada anak. 


Kapolres Sumbawa Barat, AKBP Heru Muslimin melalui Kasi humas IPDA Eddy Soebandi sesuai pres rilis diterima media mengatakan, sidak kali ini dilakukan oleh Kabag Ops Kompol Iwan Sugianto, SH, Sekdis Kesehatan Sumbawa Barat Syaiful, S.Kom, Kabid Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit NS Indra Alamsyah, S.Kep dan Kanit Intelkam Sek Taliwang.

Adapun Apotik yang menjadi sasaran sidak kali ini yakni Apotik Irfa di Kelurahan Dalam Kecamatan Taliwang, Apotik Bio Farma Tiang nam Taliwang, Apotik Kimia Farma Kelurahan Kuang Taliwang dan apotik Ida Farma di Kelurahan Arken Taliwang.

Dijelaskannya, dari hasil pengecekan di seluruh apotik Kecamatan Taliwang bahwa untuk saat ini tidak lagi melayani pembelian dan menarik peredaran terhadap 5 merk Paracetamol Sirup sampai dengan adanya keputusan pemerintah untuk dilakukan penjualan kembali. 

Sementara Sekretaris Dinas Kesehatan Sumbawa Barat Syaiful, S.Kom menyampaikan kepada pemilik atau penanggung jawab apotik agar untuk sementara waktu apotik tidak melayani pembelian obat sirup. 

"Kami bersama Polri akan terus melakukan pengawasan serta membuat himbauan untuk dapat ditempel di apotik-apotik," kata Syaiful. 

Lanjutnya, sampai saat ini BPOM RI masih melakukan penelitian terkait obat sirup dan guna kewaspadaan untuk sementara seluruh obat sirup dilarang untuk dikonsumsi. 

"Alhamdulillah, seluruh rangkaian kegiatan berakhir pada pukul 12.15 wita berjalan dengan aman dan lancar," tutupnya. 

(red)