Tingkatkan Kesiapsiagaan Hadapi Bencana Alam, Polda NTB Apel Gelar Pasukan Penanggulangan Bencana -->
Cari Berita

Free Space 970 X 90px

Tingkatkan Kesiapsiagaan Hadapi Bencana Alam, Polda NTB Apel Gelar Pasukan Penanggulangan Bencana

Friday, October 21, 2022



MATARAMMIMBARNTB.COM -- Kapolda NTB Irjen Pol Drs Djoko Poerwanto memimpin  Apel Gelar Pasukan Penanggulangan Bencana di Lapangan Tribun Bhara Daksa Polda NTB, Jumat (21/10/2022).


Mengingat saat ini telah memasuki musim penghujan, maka diperlukan adanya kesiapsiagaan dari seluruh elemen yang ada untuk menghadapi bila terjadi bencana alam di wilayah NTB akibat curah hujan yang meningkat.

Apel Gelar Pasukan Penanggulangan Bencana di Wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB) tersebut dihadiri Danrem 162/WB, Wakil Gubernur NTB, Asisten 3 Setda NTB, Danlanud ZAM, Danlanal Mataram, Kadis PU NTB, Kalak BPBD NTB, serta seluruh PJU Polda NTB.
Tingkatkan Kesiapsiagaan Hadapi Bencana Alam, Polda NTB Apel Gelar Pasukan Penanggulangan Bencana. 


Kemudian Peserta Apel yang mewakili instansi/lembaga masing-masing satu Pelton diantaranya dari Polisi Militer, TNI AD, AL, AU, Samapta Polda, Polairud, Lantas, Reserse, Pol-PP Provinsi, BPBD, Basarnas, Senkom, Dishub Provinsi, PU Provinsi, dan Perwakilan Pramuka, kemudian menghadirkan unit Kendaraan serta material lainnya yang digunakan dalam penanggulangan bila bencana alam terjadi.

Dalam amanatnya, Kapolda NTB Irjen Pol Drs Djoko Poerwanto selaku pimpinan apel menyampaikan, Apel ini untuk menjalin kerjasama agar dalam mengambil langkah- langkah penanggulangan bencana dapat berlangsung efektif dan efesien, dimana kerjasama ini merupakan komitmen dan kesiapan bersama dalam melakukan tindakan penanggulangan.

Ia berharap kepada seluruh peserta Apel agar menjadikan tugas ini sebagai bentuk pengabdian dan bernilai ibadah sehingga dalam melaksanakannya tentu dengan ikhlas dan penuh tanggung jawab.

Lanjutnya, disamping itu, apel ini juga sebagai persiapan  menghadapi beberapa kegiatan besar yang akan dilaksanakan dalam waktu tidak lama lagi, yaitu World Superbike (WSBK) dan kegiatan G20 yang akan dilaksanakan di Bali.

"Kedua kegiatan tersebut sangat erat kaitannya dengan Apel yang kita selenggarakan kali ini," ucap Kapolda.

Kami berharap Apel gelar pasukan ini akan membangun kerjasama dan sinergitas antar seluruh elemen dengan melakukan komunikasi yang intens tentang hal-hal yang berhubungan dengan penanggulangan Bencana Alam. 

"Tanpa komunikasi maka persiapan yang kita lakukan ini tidak akan berguna," jelasnya.

Diakhir amanatnya, Kapolda mengingatkan kepada peserta Apel bahwa tugas ini adalah tugas bersama, oleh karenanya Ia berharap untuk melaksanakan tugas ini dengan ikhlas dan sungguh- sungguh serta penuh rasa tanggung jawab. 

"Semoga apapun yang kita persiapkan dan kerjakan adalah merupakan ibadah bagi kita semua yang melaksanakan tugas ini," tutup Djoko.

(red)