Sambut 17 Agustus Mahasiswa KKN STIH Bima Posko Soro Gelar Lomba Perahu -->
Cari Berita

Free Space 970 X 90px

Sambut 17 Agustus Mahasiswa KKN STIH Bima Posko Soro Gelar Lomba Perahu

Wednesday, August 16, 2017

Dompu, Mimbarntb.com – Dalam rangka memeriahkan HUT ke 72 Kemerdekaan RI Tahun 2017 mahasiswa KKN STIH Bima angkatan ke - XXVII posko 5 bersama Karang Taruna Desa Soro Timur Kec. Kempo Kab. Dompu menggelar lomba balapan perahu ukuran panjang 3 meter lebar 50 cm dengan menggunakan mesin ketinting 5 PK, dengan jarak tempuh 2 kilo meter.
Ilustrasi 

Lomba yang diikuti 41 sampan itu dibagi 6 regu, mulai regu A sampai dengan regu F masing -masing tujuh sampan per regu pengisihan group mengambil tiga sampan tercepat masuk ke final enam sampan diambil juara 1 sampai enam.

Ilyas sebagai ketua panitia lomba menyatakan Lomba digelar sebagai cermin perjuangan rakyat ketika merebut dan mempertankan kemerdekaan RI dari tangan penjajah.

“Kekompakan tim merengkuh dayung menuju garis finis adalah gambaran kegigihan para pejuang dan rakyat Indonesia untuk hidup merdeka dan berdaulat,” ujarnya lewat WA (16/8/2017).

Menurut dia, lomba perahu ini juga merupakan ajang untuk mempererat tali silaturahmi dan sebagai wahana menjalin tali persaudaraan masyarakat Soro Timur  Kecamatan Kempo Kabupaten Dompu yang majemuk.

Selain itu, tujuan lomba untuk melestarikan budaya masyarakat yang sebagian besarnya adalah nelayan tradisionil yang setiap hari bergelut menaklukkan gelombag saat berada di laut.

“Karena itu lomba balapan perahu akan digelar dan diharapkan menjadi daya tarik bagi wisatawan domestik maupun mancanegara untuk berkunjung ke desa soro ini,” katanya.