Pemdes Wajib Edukasi Warganya Terkait Vaksinasi, Ini Pesan KPM Woha -->
Cari Berita

Free Space 970 X 90px

Pemdes Wajib Edukasi Warganya Terkait Vaksinasi, Ini Pesan KPM Woha

Wednesday, November 24, 2021

Ilustrasi. Sumber google.

BIMAMIMBARNTN.COM - dr. Dewi Puspaningsih, Kepala Pusat Kesehatan Masyarakat (KPKM)  Woha menilai peran Pemerintah Desa (Pemdes) masih rendah dalam mensosialisasi dan mengedukasi warganya terkait manfaat Vaksinasi Covid-19 di beberapa desa di Kecamatan Woha, Kabupaten Bima, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).


dr. Dewi Puspaningsih mengatakan, Pemerintah Desa diharapkan dapat mengedukasi warganya masing-masing secara terus menerus dan Pemerintah Desa juga bisa menjadi Duta Vaksin Covid-19.

"Setiap mau melakukan Vaksinasi di Beberapa Desa ada banyak alasan yang kita terima, Seperti warga kami belum siap divaksin, warga kami sudah pergi ke sawah, sudah pergi ke gunung dan lainnya," katanya.

Dewi Puspaningsih menilai, peran Pemerintah Desa sangat strategis dan sangat dipercaya dimata warganya. Posisi ini perlu didorong untuk mengedukasi warga.

"Apa yang dipertentangkan di masyarakat tersebut bisa disosialisasikan terkait vaksinasi Covid-19 dan mengedukasi masyarakatnya lewat hajatan dan kegiatan penting lainnya," tuturnya.

"Pemerintah Desa adalah orang yang berhadapan langsung dengan warga, kata kata mereka dipercaya dan diikuti warga jadi harus bisa mengedukasi masyarakat,” imbuhnya.

Kata dia, sesungguhnya pihak puskesmas hanya bersifat membantu Pemerintah Desa. Selain itu, targetnya juga minimal 85 persen setiap Desa sebagai syarat Pencairan Dana Desa (DD).

"Kami dari Nakes Puskesmas Hanya melaksanakan Pelayanan saja, Sementara Pemerintah Desa yang menyediakan warga sasaran untuk disuntik Vaksin covid 19," tambah Dewi.

"Saya berharap pada seluruh Stakeholder terkait untuk lebih Proaktif lagi dalam Mengedukasi dan mengajak warganya dengan cara-cara kepemerintahannya dalam rangka untuk lebih bisa memacu capaian vaksinasi Covid 19 sesuai target masing masing Desa dan Kecamatan," tutupnya.

*MB/Zal*