Disperindag Kota Bima Gelar Pasar Ramadan Libatkan 150 Pelaku UMKM -->
Cari Berita

Free Space 970 X 90px

Disperindag Kota Bima Gelar Pasar Ramadan Libatkan 150 Pelaku UMKM

Tuesday, March 12, 2024

Dorong pengembangan UMKM, Disperindag Kota Bima Gelar Pasar Ramadan. 

Kota Bima.-Upaya mendorong pertumbuhan UMKM, Pemerintah Kota Bima menggelar acara pasar ramadhan 1445 hijriyah 2024 masehi di depan Masjid Raya Al Muwahiddin Kota Bima, pada Selasa, 12 Maret 2024.


Pada kegiatan pasar ramadhan yang melibatkan sebanyak 150 pelaku UMKM tersebut, Pemerintah Kota Bima melalui Dinas Koperindag Kota Bima pada Ramadhan 1445 Hijriyah ini melaksanakan pasar ramadhan di depan masjid raya Al muwahiddin Kota Bima. 

Disamping untuk meningkatkan pendapatan pelaku UMKM, juga sebagai wahana promosi masjid Raya yang menjadi icon baru di Kota Bima.

Kepala Dinas Koperindag Kota Bima, H. Tafsir menyatakan, tujuan dari pasar ramadhan ini melayani masyarakat untuk mendapatkan produk makanan dan minuman siap saji selama bulan suci ramadhan dan untuk meningkatkan pendapatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) khususx penjual makanan dan minuman siap saji.

Jumlah pedagang yang turut berpartisipasi dalam pasar Ramadhan tahun ini sebanyak 150 orang. Pasar Ramadhan ini akan berlangsung selama 1 bulan yaitu mulai dari tanggal 12 Maret 2024 sampai selesai, bertempat di depan Masjid Raya Al Muwahiddin Kota Bima.

"Sesuai arahan Pj. Wali Kota Bima, bahwa pasar ramadhan tahun ini difokuskan pada 1 titik saja yaitu di depan masjid raya. Bagi pelaku UMKM yang masih berjualan di lokasi awal di depan Asi mbojo untuk dapat fokus berjualan di lokasi yang ditetapkan oleh pemerintah," ujarnya.

Tafsir menambahkan, untuk pasar ramadhan di Serasuba murni inisiatif dari masyarakat sekitar, tetapi akan diupayakan untuk disatukan di depan masjid raya melalui himbauan, sebelumnya sudah dilakukan sosialisasi.

"Terima kasih kepada PT. Pegadaian Cabang Bima yang sudah berkolaborasi dengan pemerintah yang menyediakan tenda bagi pelaku UMKM di Masjid Raya," ungkasnya.

(Din/mb).