STIKES Yahya Bima Peroleh Akreditasi B dari BAN-PT dan LAM PTKES -->
Cari Berita

Free Space 970 X 90px

STIKES Yahya Bima Peroleh Akreditasi B dari BAN-PT dan LAM PTKES

Sabtu, 02 November 2019

Bima, mimbarNTB.com - Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Yahya Bima yang didirikan sejak tanggal 24 tahun 2009 lalu ini, kini telah menyandang status akreditasi B. 
Akreditasi ini diberikan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dan Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan tinggi Kesehatan (LAM PTKES). Buah dari kerja keras serta berdasarkan sarana dan prasarana dan SDM yang dimiliki oleh STIKES Yahya Bima sehingga dianggap layak dan pantas menyandang Akreditasi B. 

Ketua STIKES Yahya Bima Zulkarnain jelaskan, proses akreditasi STIKES Yahya Bima ini mengacu pada izin pendirian pada tahun 2009 dan untuk Akreditasi pertama diperoleh sejak tahun 2017 lalu pada program studi keperawatan yaitu mendapat peringkat akreditasi C.

"Alhamdulillah kami mendapatkan peringkat dari LAM PTKES lembaga akreditasi mandiri lembaga kesehatan yaitu mendapat c. Syarat dan ketentuan untuk meningkatkan akreditasi minimal kalau kita mengikuti peraturan undang undang itu harus lima tahun baru kita melaksanakan re akreditasi," jelasnya pada awak media saat konferensi pers di STIKES Yahya Bima, Sabtu (2/11).

Pada kesempatan itu, Zulkarnain jelaskan historis perjuangan STIKES Yahya Bima sehingga sampai pada titik saat ini bisa menyandang status akreditasi B. 

"Karena inisiatif dari seluruh pengelola dan yayasan serta adanya dorongan dari yayasan ingin meningkatkan dan memperbaiki kualitas dan mutu kita yang ada di STIKES Yahya Bima ini. Sehingga kami tidak mau menunggu jangka waktu lima tahun untuk meningkatkan akreditasi, satu tahun setelah itu kami langsung mengajukan permohonan ke BAN-PT dan LAM PTKES, Alhamdulillah tahun 2017 kami mendapatka akreditasi C. Kemudian di tahun 2018 pada desember kami mengajukan kembali permohonan untuk akreditasi program studi keperawatan sehingga kami memperoleh akreditasi kembali," jelasnya. 

Tak berhenti sampai disitu, bahkan yayasan STIKES Yahya Bima berkeinginan merubah status dari Yayasan menjadi Institut Yahya Bima dan proses menuju ke arah sana sedang dijalani. 

"Nah untuk peningkatan mutu dan kualitas di institusi itu sendiri berdasarkan rujukan dari surat ijin pendirian dari kemendikbud pada tahun 2019. Kami sedang mempersiapkan syarat untuk pengajukan akreditasi untuk menuju institusi," tutur Pembina Yayasan Stikes Yahya Bima, Yahya Wakil bersama. 

Dia mengimbau kepada semua masyarakat agar tak perlu takut kuliah di yayasan STIKES Yahya Bima karena status akreditasi B diberikan BAN-PT dan LAM PTKES sebagai bukti legalnya STIKES Yahya Bima telah diakui oleh negara. 

STIKES Yahya Bima memiliki tenaga pengajar tetap sekitar 24 orang rata-rata bergelar sarjana Megister (S2) bahkan ada dari alumni S2 Taiwan. (DN)